Perubahan Jadwal OSN (Olimpiade Sains Nasioal) Jenjang SD dan SMP

Perubahan Jadwal OSN

Jadwal Tes Ulang dan Perubahan Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang SD dan SMP

Perubahan Jadwal OSN – Olimpiade Sains Nasional (OSN) telah menjadi salah satu ajang bergengsi yang dinantikan oleh para pelajar di Indonesia. Selain sebagai wadah untuk mengukur kemampuan akademik dalam bidang sains dan matematika, OSN juga menjadi panggung bagi para siswa untuk menunjukkan prestasi mereka di tingkat nasional. Namun, dalam penyelenggaraannya, seringkali ditemui beberapa tantangan yang mempengaruhi keseluruhan pelaksanaan dan kesempatan para peserta.

Dalam rangka untuk memastikan kesuksesan dan kesetaraan peluang bagi semua peserta, pihak penyelenggara OSN telah melakukan evaluasi menyeluruh serta menerima masukan dari berbagai pihak terkait. Berdasarkan hasil evaluasi dan masukan yang diterima, dilakukanlah penyesuaian jadwal tes ulang OSN jenjang SD serta perubahan pelaksanaan OSN jenjang SMP.

Perubahan Jadwal OSN untuk Jenjang SD:

1. Uji Coba:

  • Tanggal: 20 Mei 2024

2. Pelaksanaan OSN Tingkat Kabupaten/Kota:

  • Tanggal: 27–28 Mei 2024

3. Pelaksanaan OSN Tingkat Provinsi:

  • Tanggal: 19–20 Juni 2024

4. OSN Nasional (Daring):

  • Tanggal: 5–11 Agustus 2024

Jadwal ini berlaku bagi semua peserta OSN jenjang SD, terutama dalam bidang IPA dan Matematika. Perlu dicatat bahwa peserta yang telah mengikuti tes pertama diperbolehkan untuk mengikuti tes ulang atau tidak, dengan nilai terbaik yang akan diambil sebagai nilai final mereka.

Perubahan Jadwal OSN untuk Jenjang SMP:

1. Uji Coba SMP:

  • Tanggal: 22 Mei 2024

2. Pelaksanaan OSN Tingkat Kabupaten/Kota:

  • Tanggal: 29–30 Mei 2024

3. Pelaksanaan OSN Tingkat Provinsi:

  • Tanggal: 24–25 Juni 2024

4. OSN Nasional (Daring):

  • Tanggal: 5–11 Agustus 2024

Tujuan dari perubahan jadwal ini adalah untuk memastikan pelaksanaan kompetisi OSN dapat berjalan dengan lebih lancar dan merata di seluruh wilayah Indonesia. Dengan penyesuaian ini, diharapkan seluruh peserta memiliki kesempatan yang sama untuk meraih prestasi terbaik mereka tanpa adanya hambatan yang tidak perlu.

Baca Juga

  1. Latihan soal Asesmen Madrasah jenjang MI mapel Bahasa Indonesia
  2. Misteri kantong semaryang mengintai di dunia tanaman

Para peserta OSN diharapkan untuk mempersiapkan diri secara optimal dalam menghadapi setiap tahapan kompetisi sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Dengan demikian, diharapkan bahwa OSN tidak hanya menjadi ajang untuk meraih prestasi akademik, tetapi juga sebagai sarana untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang sains dan matematika.

Penting untuk dicatat bahwa perubahan ini merupakan bagian dari upaya kontinu untuk meningkatkan kualitas dan keadilan dalam penyelenggaraan OSN. Semoga dengan langkah-langkah ini, OSN dapat menjadi ajang yang semakin prestisius dan merangsang semangat kompetisi serta eksplorasi ilmiah di kalangan pelajar Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *