Ikan Channa Barca, Ikan Unik Asal India

ikan channa barca

Ikan Channa Barca adalah salah satu ikan hias yang dijual di banyak marketplace dengan harga fantastis. Ikan yang berasal dari sungai-sungai di India ini memiliki berbagai keunikan yang membuatnya mahal di kalangan pecinta ikan hias.

Barca snakehad adalah jenis ikan yang mempunyai fisik mirip ular, dari kepala dan sisik di tubuhnya. Seperti yang diberitakan Kompas.com, edisi 18 Agustus 2022, sebuah fosil yang diyakini berasal dari 50 juta tahun yang lalu, menunjukkan asal ikan Channa ini.

Berdasarkan dari analisis fosil tersebut, menunjukkan bahwa ikan Channa berasal dari kawasan Himalaya selatan, di pegunungan yang membentang dari India hingga Pakistan timur.

Apa saja keunikan dari ikan Channa Barca?

Keunikan ikan Channa Barca ini memiliki ciri-ciri tubuh yang memanjang. Spesies ini bisa dibedakan dari sirip punggungnya yang panjang, serta mulut besar yang penuh dengan gigi. Berbeda dengan kebanyakan ikan, ikan Channa Barca mempunyai serangkaian rongga di bagian belakang kepala.

Ruang suprabranchial atau rongga-rongga pada ikan channa ini diisi dengan jaringan terlipat yang memiliki luas permukaan yang tinggi, yang dapat memungkinkan perubahan oksigen terjadi secara langsung antara udara dan darahnya.

Ikan Channa tidak mempunyai diafragma, sehingga ia menggunakan air untuk menukar udara setiap kali menarik napas. Oleh karena itu, kemampuan ikan Channa Barca menghirup udara saat keluar dari air sangat terbatas.

Hal ini kemungkinan karena ikan Channa menghirup udara lebih sering saat berenang secara aktif. Ikan channa termasuk kedalam kelompok hewan karnivora. Karena, hampir semua jenis makanan ikan hidup mampu diterima ikan ini, seperti jentik nyamuk, udang, serangga, siput cacing, dan lainnya.

channa Barca 2

Kendati demikian, ikan Channa Barca ini juga bisa menerima makanan seperti palet beku dan kering. Ikan Channa Barca adalah sejenis ikan gabus yang pada umumnya saat musim dingin, mereka akan bersembunyi.

Keunikan dari ikan Channa Barca ini, selama periode musim dingin, ikan gabus ini akan bersembunyi di dalam liang dengan kedalaman hingga 1 meter dan biasanya setiap liang akan menampung spesimen soliter atau pasangan.

Selain ikan channa barca banyak terdapat jenis lainnya yang bisa kita koleksi, diantaranya :

1. Channa Argus

Ikan yang dapat tumbuh sampai 1 meter ini disebut channa Argus atau nama latin Channa Argus atau lebih dikenal dengan nama ikan Gabus Utara yang memiliki ciri khas bercak hitam pada bagian tubuhnya. Habitat ikan ini berasal dari Sungai Amur hingga Pulau Hainan dan dianggap sebagai spesies invasif yang berasal dari Rusia, Tiongkok, dan Korea Utara dan Korea Selatan.

2. Channa Auranti

Banyak oknum yang memanfaatkan ikan ini untuk dijual karena memiliki kesamaan dengan ikan jenis channa barca untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, jika kamu ingin membeli ikan ini kamu harus lebih jeli dalam memilihnya agar tidak terkecoh.

Memiliki tubuh berwarna coklat dan bergaris-garis oranye vertikal maerupakan ciri khusus ikan channa jenis ini. selain ciri warna, ikan ini memiliki bentuk sirip yang besar dan membentang serta ukurannya yang cenderung lebih kecil yaitu sekitar 40 cm.

3. Channa Bankanensis

Jenis ikan ini dapat dikatakan sebagai channa yang kecil dibandingkan dengan jenis lainnya, ukurannya hanya mencapai 24 cm saja.  Channa Bankanensis memiliki warna coklat dan bercak-bercak hitam. Habitat hidup ikan ini berada di perairan Indonesia dan Malaysia

Karena memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil, ikan ini cocok untuk dijadikan hiasan rumah yang tidak memerlukan tempat yang besar.

4. Channa Andrao

Diantara jenis-jenis ikan channa yang lain, jenis ini yang memiliki ukuran tubuh paling kecil karena hanya memiliki ukuran 11 cm saja. Selain memiliki ciri khas ukuran tubuhnya yang kecil ikan ini memiliki warna yang sangat unik yaitu warna abu-abu kecoklatan dan memiliki sirip berwarna biru.

Dari beberapa jenis ikan channa diatas, tentunya memiliki ciri khas masing-masing yang dapa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan untuk para penghobi ikan jenis ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca juga: artikel pendidikan

Dapatkan update informasi dan inspirasi terbaru setiap hari disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *