Kisi-kisi Preetest PPG Daljab Kementerian Agama 2024

Kisi-kisi Preetest PPG

Kisi-kisi Preetest PPG – Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (GTK Madrasah) kembali membuka kesempatan bagi para guru madrasah untuk mendaftar seleksi akademik (pretest) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. Peluang ini terbuka bagi guru madrasah yang memiliki Surat Keputusan (SK) mengajar dengan masa berlaku paling lama hingga 31 Desember 2015.

Pendaftaran seleksi akademik Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Tahun 2024 akan dilaksanakan mulai tanggal 19 hingga 23 Februari 2024. Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui laman resmi Simpatika Kementerian Agama Republik Indonesia.

Keputusan untuk membuka pendaftaran tersebut tertuang dalam Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Pelaksana Tugas Direktur GTK Madrasah, Nomor B-54/DJ.I/Dt.I.II/KU.05/02/2024, pada tanggal 19 Februari 2024. Surat Edaran tersebut mengatur mengenai ketentuan umum pelaksanaan ujian seleksi akademik PPG Kementerian Agama tahun 2024, persyaratan calon pendaftar, serta daftar mata pelajaran yang tersedia untuk diikuti oleh para guru madrasah.

Dalam proses pendaftaran, sangat penting bagi para guru madrasah untuk memperhatikan keterkaitan antara jenjang pendidikan dan program studi yang ditawarkan dalam PPG. Oleh karena itu, para calon peserta disarankan untuk membaca secara teliti informasi terkait linieritas ijazah Strata 1 (S1) dengan program studi PPG Kementerian Agama terbaru sebelum melakukan pendaftaran.

Baca juga

Jalur prestasi untuk kuliah

Bagi para guru madrasah yang memiliki SK mengajar setelah tanggal 31 Desember 2015 dan pernah mengikuti pretest PPG sebelumnya, baik dinyatakan lulus maupun tidak, akan mengalami perubahan status pada tampilan Simpatika. Status akan ditandai dengan adanya tanda silang merah (checklist kelayakan) yang menunjukkan ketidaklayakan dalam mengikuti seleksi akademik.

Sebaliknya, bagi guru madrasah yang memiliki SK guru sebelum tanggal 31 Desember 2015, baik yang sudah maupun yang belum pernah mengikuti Ujian Seleksi Akademik PPG, serta dinyatakan lulus ataupun tidak, akan muncul menu ajuan bagi yang belum pernah mengikuti pretest, atau tombol ikut PPG bagi yang sudah mengikuti dan dinyatakan lulus pretest sebelumnya.

Download Kisi-kisi Preetest PPGĀ 

Mengenal Manfaat Kisi-Kisi Pretest PPG Daljab Kemenag 2024

Kisi-kisi Preetest PPG – Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas guru-guru yang bertugas di berbagai madrasah di seluruh Indonesia. Sebagai bagian dari seleksi awal, kisi-kisi pretest menjadi hal yang sangat penting bagi para calon peserta.

1. Mempersiapkan Diri Secara Optimal

Kisi-kisi pretest memberikan gambaran kepada calon peserta mengenai materi-materi apa saja yang akan diujikan dalam tes seleksi. Dengan memahami kisi-kisi tersebut, para calon peserta dapat mempersiapkan diri secara lebih terarah dan optimal. Mereka dapat fokus mempelajari materi-materi yang dianggap penting dan relevan untuk menghadapi pretest dengan lebih percaya diri.

2. Mengetahui Format dan Jenis Soal

Selain materi, kisi-kisi pretest juga memberikan informasi mengenai format dan jenis soal yang akan diujikan. Hal ini memungkinkan calon peserta untuk familiar dengan tipe-tipe soal yang mungkin muncul dalam pretest, seperti pilihan ganda, esai, atau soal-soal berbasis kasus. Dengan demikian, mereka dapat mengasah kemampuan dan strategi menjawab soal sesuai dengan format yang diharapkan.

3. Meningkatkan Efektivitas Belajar

Dengan adanya kisi-kisi pretest, para calon peserta dapat mengidentifikasi area-area yang masih perlu diperbaiki dan diperkuat dalam pembelajaran mereka. Mereka dapat fokus mempersiapkan diri pada materi-materi yang dianggap belum cukup kuat, sehingga waktu dan energi dalam belajar dapat dimanfaatkan secara lebih efektif.

Baca juga

Kisi-kisi Asesmen Madrasah Ibtidaiyah Mapel Agama dan Bahasa Arab

4. Meminimalisir Kegagalan

Memahami kisi-kisi pretest dapat membantu para calon peserta untuk menghindari kejutan saat mengikuti ujian seleksi. Mereka dapat memastikan bahwa mereka telah mempersiapkan diri secara menyeluruh dan tidak tertinggal dalam mempelajari materi-materi yang akan diujikan. Dengan demikian, peluang untuk meraih hasil yang memuaskan dan menghindari kegagalan dapat lebih besar.

5. Memberikan Keyakinan dan Kesiapan Mental

Terakhir, kisi-kisi pretest juga dapat memberikan keyakinan dan kesiapan mental kepada para calon peserta. Dengan mempersiapkan diri secara matang dan mengetahui apa yang akan dihadapi, mereka dapat menghadapi pretest dengan sikap yang lebih tenang, percaya diri, dan siap menghadapi tantangan.

Dengan demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa kisi-kisi pretest PPG Dalam Jabatan Kemenag 2024 memiliki peran yang sangat penting dalam mempersiapkan para calon peserta untuk menghadapi ujian seleksi. Dengan memanfaatkannya secara optimal, para calon peserta dapat meningkatkan peluang mereka untuk meraih hasil yang memuaskan dan berhasil lolos seleksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *