Latihan Soal Asesmen Madrasah IPA KD 3 : Mengidentifikasi macam-macam gaya

Latihan Soal Asesmen Madrasah IPA KD 3 Mengidentifikasi macam-macam gaya

Latihan Soal Asesmen Madrasah IPA KD 3 – Berikut adalah lima soal pilihan ganda beserta jawaban dan pembahasannya pada materi “Mengidentifikasi macam-macam gaya” membahas tentang berbagai jenis gaya yang ada dalam fisika dan bagaimana masing-masing gaya tersebut mempengaruhi benda atau fenomena dalam kehidupan sehari-hari.

1. Apa yang menyebabkan sebuah benda jatuh ke arah bumi saat dilepaskan dari ketinggian?

a. Gaya otot

b. Gaya listrik

c. Gaya magnet

d. Gaya gravitasi

Jawaban: d. Gaya gravitasi

Pembahasan: Gaya gravitasi adalah gaya yang menarik semua benda dengan massa menuju pusat bumi. Oleh karena itu, benda jatuh ke arah bumi karena gaya gravitasi.

 

2. Ketika Anda menggosok sebuah balon karet di atas rambut Anda dan kemudian menempelkannya ke dinding, fenomena tersebut disebabkan oleh gaya apa?

a. Gaya otot

b. Gaya listrik

c. Gaya magnet

d. Gaya gravitasi

Jawaban: b. Gaya listrik

Pembahasan: Ketika Anda menggosok balon karet di atas rambut, muatan listrik negatif dari rambut Anda ditransfer ke balon, sehingga balon menjadi bermuatan listrik negatif. Balon akan menarik muatan positif di dinding, menyebabkan balon menempel pada dinding.

 

3. Ketika Anda mengangkat sebuah buku dari meja, gaya apa yang Anda gunakan?

a. Gaya otot

b. Gaya listrik

c. Gaya magnet

d. Gaya gravitasi

Jawaban: a. Gaya otot

Pembahasan: Ketika Anda mengangkat benda, Anda menggunakan otot Anda untuk melawan gaya gravitasi yang menarik benda ke arah bawah.

 

4. Mengapa seorang atlet harus menarik pelat lantai saat melakukan lompat jauh?

a. Untuk mengurangi gesekan antara sepatu dan pelat lantai

b. Untuk menarik energi dari medan magnetik bumi

c. Untuk mengurangi gaya gravitasi

d. Untuk menambah kecepatan dan momentum lompatan

Jawaban: a. Untuk mengurangi gesekan antara sepatu dan pelat lantai

Pembahasan: Menarik pelat lantai dapat membantu mengurangi gaya gesekan antara sepatu dan permukaan lantai, sehingga atlet dapat mencapai lompatan yang lebih jauh dengan lebih sedikit hambatan.

 

5. Apa yang menyebabkan sebuah kompas menunjukkan arah utara?

a. Gaya otot

b. Gaya listrik

c. Gaya magnet

d. Gaya gravitasi

Jawaban: c. Gaya magnet

Pembahasan: Kompas bekerja berdasarkan prinsip bahwa jarum kompas adalah magnet yang akan mengarah ke kutub magnetik bumi yang berlawanan, sehingga jarum akan menunjukkan arah utara. Ini disebabkan oleh gaya magnet yang berinteraksi antara magnet pada jarum kompas dan medan magnetik bumi.

Lihat materi lainnya DISINI

MATERI

Latihan Soal Asesmen Madrasah IPA KD 3 Materi “Mengidentifikasi macam-macam gaya” membahas tentang berbagai jenis gaya yang ada dalam fisika dan bagaimana masing-masing gaya tersebut mempengaruhi benda atau fenomena dalam kehidupan sehari-hari. Berikut penjelasan singkat tentang setiap jenis gaya yang biasanya termasuk dalam materi tersebut:

  1. Gaya Otot: Gaya yang dihasilkan oleh kontraksi otot saat manusia atau hewan melakukan gerakan. Gaya otot memungkinkan kita untuk bergerak, mengangkat benda, atau melakukan aktivitas fisik lainnya.
  2. Gaya Listrik: Gaya yang timbul akibat adanya muatan listrik pada suatu benda. Gaya listrik bisa bersifat tarik-menarik antara benda-benda bermuatan berlawanan, atau tolak-menolak antara benda-benda bermuatan sejenis.
  3. Gaya Magnet: Gaya yang timbul antara dua benda yang memiliki sifat magnetik. Gaya magnet dapat bersifat tarik-menarik antara dua kutub magnet yang berlawanan, atau tolak-menolak antara dua kutub magnet yang sejenis.
  4. Gaya Gravitasi: Gaya tarik menarik antara dua benda yang memiliki massa. Gaya gravitasi ini bertanggung jawab atas fenomena seperti berat sebuah benda dan tarikan benda ke arah bumi atau benda langit lainnya.
  5. Gaya Gesekan: Gaya yang timbul akibat gesekan antara dua permukaan yang saling bersentuhan. Gaya gesekan ini sering menghambat gerakan benda dan mengubah energi gerak menjadi energi panas.

Dalam materi ini, siswa akan diajarkan untuk mengidentifikasi, memahami, dan mengaplikasikan prinsip-prinsip yang terkait dengan masing-masing gaya tersebut dalam berbagai konteks fisika dan sehari-hari.

Kunjungi website literasi digital DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *