Latihan Soal Asesmen Madrasah IPA KD 2 : Membandingkan siklus hidup berbagai jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestarian

Latihan Soal Asesmen Madrasah IPA KD 2

Latihan Soal Asesmen Madrasah IPA :  Membandingkan siklus hidup berbagai jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestarian

Latihan Soal Asesmen Madrasah IPA KD 2 – Membahas tentang perbedaan dalam siklus hidup berbagai organisme dan pentingnya kaitannya dengan upaya pelestarian spesies. Ini mencakup pemahaman tentang bagaimana berbagai jenis makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan, melalui berbagai tahapan kehidupan sepanjang siklus hidup mereka, serta bagaimana upaya konservasi dapat membantu mempertahankan keberlangsungan hidup spesies tersebut.

Kompetensi Dasar : Membandingkan siklus hidup berbagai jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestarian

1. Apa yang merupakan ciri khas dari siklus hidup metamorfosis sempurna pada beberapa jenis serangga seperti kupu-kupu dan capung?

a. Tidak ada tahap larva

b. Terdapat tahap telur, larva, pupa, dan imago

c. Hanya terdapat tahap nimfa

d. Siklus hidup tidak mengalami perubahan

Jawaban: b. Terdapat tahap telur, larva, pupa, dan imago

Pembahasan: Siklus hidup metamorfosis sempurna pada serangga ditandai dengan adanya tahap telur, larva, pupa, dan imago (dewasa). Ini adalah ciri khas dari serangga seperti kupu-kupu dan capung.

 

2. Apa yang membedakan siklus hidup hewan amfibi dengan reptil?

a. Amfibi memiliki telur yang diletakkan di darat, sementara reptil memiliki telur yang diletakkan di air

b. Amfibi melewati tahap metamorfosis, sementara reptil tidak

c. Reptil memiliki fase larva, sementara amfibi tidak

d. Amfibi berkembang biak secara vivipar, sementara reptil berkembang biak secara ovipar

Jawaban: a. Amfibi memiliki telur yang diletakkan di darat, sementara reptil memiliki telur yang diletakkan di air

Pembahasan: Amfibi umumnya memiliki siklus hidup dengan telur yang diletakkan di lingkungan air atau di dekat air, sementara reptil memiliki telur yang diletakkan di darat.

 

3. Mengapa pelestarian habitat sungai dan rawa sangat penting untuk menjaga siklus hidup ikan air tawar?

a. Ikan air tawar hanya dapat bertelur di sungai dan rawa

b. Ikan air tawar membutuhkan air yang bersih untuk hidup

c. Tahap awal dari kehidupan ikan air tawar biasanya terjadi di sungai dan rawa

d. Ikan air tawar hanya memakan tumbuhan yang tumbuh di sungai dan rawa

Jawaban: c. Tahap awal dari kehidupan ikan air tawar biasanya terjadi di sungai dan rawa

Pembahasan: Sungai dan rawa sering menjadi tempat di mana ikan air tawar bertelur dan larva ikan menetas serta tumbuh hingga mencapai tahap dewasa.

 

4. Apa yang bisa dilakukan oleh manusia untuk membantu pelestarian burung migran?

a. Melakukan penangkapan burung secara besar-besaran

b. Membangun lebih banyak gedung pencakar langit

c. Menjaga dan memperluas habitat burung migran

d. Menggunakan pestisida secara berlebihan

Jawaban: c. Menjaga dan memperluas habitat burung migran

Pembahasan: Salah satu cara terpenting untuk membantu pelestarian burung migran adalah dengan menjaga dan memperluas habitat mereka, seperti menghijaukan kembali area yang telah terdegradasi atau melindungi wilayah terumbu karang dan hutan hujan.

 

5. Mengapa penting untuk membatasi pemanasan global dalam upaya pelestarian penyu laut?

a. Penyu laut tidak akan bertelur di pantai yang terlalu panas

b. Pemanasan global dapat menyebabkan peningkatan tinggi permukaan air laut, mengancam habitat penyu

c. Penyu laut hanya dapat bertahan hidup dalam air dingin

d. Pemanasan global tidak memiliki dampak langsung pada penyu laut

Jawaban: b. Pemanasan global dapat menyebabkan peningkatan tinggi permukaan air laut, mengancam habitat penyu

Pembahasan: Pemanasan global dapat menyebabkan peningkatan suhu air laut, yang berkontribusi pada pemutusan siklus hidup penyu laut dan mengancam habitat penyu, terutama pantai tempat mereka bertelur. Selain itu, peningkatan tinggi permukaan air laut juga dapat menghancurkan habitat penyu yang ada

Lihat materi lainnya DISINI

MATERI

Latihan Soal Asesmen Madrasah IPA KD 2 Materi “Membandingkan siklus hidup berbagai jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestarian” membahas tentang perbedaan dalam siklus hidup berbagai organisme dan pentingnya kaitannya dengan upaya pelestarian spesies. Ini mencakup pemahaman tentang bagaimana berbagai jenis makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan, melalui berbagai tahapan kehidupan sepanjang siklus hidup mereka, serta bagaimana upaya konservasi dapat membantu mempertahankan keberlangsungan hidup spesies tersebut. Berikut adalah poin-poin utama yang tercakup dalam materi tersebut:

  1. Pemahaman tentang Siklus Hidup: Ini mencakup pengetahuan tentang berbagai tahap siklus hidup yang dialami oleh berbagai jenis makhluk hidup, mulai dari fase telur atau benih, perkembangan menjadi embrio atau bibit, pertumbuhan dan perkembangan selama fase muda hingga dewasa, reproduksi, dan kemungkinan kematian.
  2. Perbandingan Antar Jenis Makhluk Hidup: Materi ini membandingkan siklus hidup berbagai jenis makhluk hidup, seperti hewan dan tumbuhan. Hal ini melibatkan perbandingan antara siklus hidup hewan yang mengalami metamorfosis sempurna (seperti kupu-kupu) dengan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna (seperti belalang), serta perbandingan antara siklus hidup hewan dan tumbuhan.
  3. Keterkaitan dengan Upaya Pelestarian: Materi ini menyoroti pentingnya memahami siklus hidup spesies untuk merancang dan mengimplementasikan upaya-upaya pelestarian yang efektif. Ini termasuk menjaga dan memperluas habitat alami, mengendalikan populasi predator, mengurangi ancaman seperti perburuan berlebihan dan kerusakan habitat, serta pendidikan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya konservasi keanekaragaman hayati.
  4. Implementasi Praktik Konservasi: Materi ini juga membahas prinsip-prinsip dan praktik konservasi yang berkelanjutan, seperti penanaman kembali hutan, pendidikan lingkungan, pembuatan taman-taman konservasi, dan program pemulihan spesies terancam punah.

Dengan memahami siklus hidup berbagai jenis makhluk hidup dan hubungannya dengan upaya pelestarian, individu dan masyarakat dapat berperan dalam menjaga keberlanjutan ekosistem dan mencegah kepunahan spesies. Melalui pengetahuan dan tindakan, kita dapat membantu mempertahankan keanekaragaman hayati bumi untuk generasi mendatang.

Kunjungi web literasi membaca DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *