Latihan Soal Asesmen Madrasah IPA KD 7 : Menerapkan sifat-sifat cahaya

Latihan Soal Asesmen Madrasah IPA KD 7

Latihan Soal Asesmen Madrasah IPA KD 7 – Berikut adalah lima soal pilihan ganda beserta jawaban dan pembahasannya pada materi “Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan) dalam kehidupan sehari-hari”:

1. Apa yang menyebabkan warna langit tampak biru pada siang hari?

a. Penyebaran cahaya oleh partikel-partikel atmosfer

b. Pantulan cahaya dari permukaan bumi

c. Pembiasan cahaya oleh awan

d. Refleksi cahaya dari matahari

Jawaban: a. Penyebaran cahaya oleh partikel-partikel atmosfer

Pembahasan: Warna biru langit pada siang hari disebabkan oleh penyebaran cahaya biru oleh partikel-partikel kecil di atmosfer, fenomena yang dikenal sebagai hamburan Rayleigh.

 

2. Mengapa benda tampak berwarna saat disinari oleh cahaya putih?

a. Benda memantulkan semua warna ke mata kita

b. Benda menyerap semua warna ke mata kita

c. Benda memantulkan warna tertentu dan menyerap yang lain

d. Benda memantulkan warna putih ke mata kita

Jawaban: c. Benda memantulkan warna tertentu dan menyerap yang lain

Pembahasan: Benda tampak berwarna karena ia memantulkan atau memancarkan cahaya dari sebagian spesifik dari spektrum cahaya yang diterimanya, sementara menyerap yang lain.

 

3. Mengapa bayangan tampak lebih besar daripada objek aslinya saat ditempatkan dekat dengan sumber cahaya?

a. Karena pembentukan bayangan yang terjadi pada jarak yang dekat dengan sumber cahaya

b. Karena pembesaran oleh lensa kamera

c. Karena pembiasan cahaya saat melewati lensa mata

d. Karena perbesaran oleh panjang gelombang cahaya

Jawaban: a. Karena pembentukan bayangan yang terjadi pada jarak yang dekat dengan sumber cahaya

Pembahasan: Ketika objek ditempatkan dekat dengan sumber cahaya, bayangan yang terbentuk akan menjadi lebih besar karena pembentukan bayangan yang terjadi pada jarak yang dekat dengan sumber cahaya.

 

4. Mengapa benda tampak terbalik ketika dipantulkan oleh cermin datar?

a. Karena pembiasan cahaya

b. Karena pembelokan cahaya

c. Karena pantulan cahaya

d. Karena hukum refleksi cahaya

Jawaban: d. Karena hukum refleksi cahaya

Pembahasan: Menurut hukum refleksi cahaya, sudut datang sama dengan sudut pantul. Ketika cahaya dipantulkan oleh cermin datar, bayangan yang terbentuk terbalik karena sudut datangnya berubah saat dipantulkan.

 

5. Mengapa kita dapat melihat benda-benda di sekitar kita?

a. Karena cahaya dipantulkan oleh benda-benda tersebut

b. Karena cahaya diserap oleh benda-benda tersebut

c. Karena cahaya dibiaskan oleh benda-benda tersebut

d. Karena cahaya dipancarkan oleh benda-benda tersebut

Jawaban: a. Karena cahaya dipantulkan oleh benda-benda tersebut

Pembahasan: Kita dapat melihat benda-benda di sekitar kita karena cahaya yang mengenai benda tersebut dipantulkan ke mata kita, memungkinkan kita untuk melihatnya.

Lihat materi lainnya DISINI

MATERI

Latihan Soal Asesmen Madrasah IPA KD 7 – Materi “Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan dalam kehidupan sehari-hari” membahas tentang konsep dasar cahaya dan bagaimana sifat-sifat cahaya tersebut mempengaruhi apa yang kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah penjelasan rinci tentang materi tersebut:

  1. Sifat-Sifat Cahaya: Materi ini memperkenalkan sifat-sifat cahaya, termasuk penyebaran, pembiasan, pantulan, pembentukan bayangan, dan pemantulan. Penyebaran adalah penyebaran cahaya saat melalui medium, sementara pembiasan adalah pembelokan cahaya saat melalui medium yang berbeda. Pantulan adalah pemantulan cahaya dari permukaan, sedangkan pembentukan bayangan terjadi ketika cahaya diblokir oleh objek, dan pemantulan adalah pemantulan cahaya dari permukaan yang halus dan reflektif.
  2. Interaksi Cahaya dengan Benda: Materi ini membahas bagaimana cahaya berinteraksi dengan benda-benda di sekitar kita. Benda-benda dapat memantulkan cahaya (pantulan difus), menyerap cahaya, atau membiaskan cahaya. Konsep ini penting untuk memahami mengapa benda tampak berwarna atau mengapa bayangan terbentuk.
  3. Refleksi dan Pembiasan: Materi ini menjelaskan hukum refleksi cahaya, di mana sudut datang sama dengan sudut pantul saat cahaya dipantulkan oleh permukaan yang halus. Selain itu, pembiasan cahaya juga dibahas, yang terjadi saat cahaya melewati medium yang berbeda.
  4. Pembentukan Bayangan: Konsep pembentukan bayangan juga diperkenalkan dalam materi ini. Bayangan terbentuk saat cahaya diblokir oleh objek, dan bayangan ini bisa nyata atau virtual, tergantung pada di mana cahaya terfokus.
  5. Peran Indra Penglihatan: Materi ini juga menjelaskan bagaimana mata manusia berfungsi untuk menangkap cahaya dan mentransmisikannya ke otak untuk menghasilkan persepsi visual. Ini termasuk penjelasan tentang bagaimana lensa mata memfokuskan cahaya pada retina dan bagaimana sinyal tersebut diinterpretasikan oleh otak.

Dengan memahami konsep-konsep ini, individu dapat menjelaskan fenomena visual yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengapa langit tampak biru pada siang hari, mengapa bayangan tampak terbalik di cermin, atau mengapa benda tampak berwarna. Hal ini juga memungkinkan aplikasi praktis dalam bidang seperti desain pencahayaan, fotografi, dan teknologi visual lainnya.

Kunungi juga web literasi DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *