Latihan Soal Asesmen Madrasah IPA Fungsi Bagian Tubuh Tumbuhan/Hewan

Latihan Soal Asesmen Madrasah IPA Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan

Latihan Soal Asesmen Madrasah Ilmu Pengetahuan Alam

Latihan Soal Asesmen Madrasah IPA – membahas tentang bagaimana struktur atau bentuk tertentu dari bagian tubuh hewan dan tumbuhan berkaitan erat dengan fungsi atau peran yang dimilikinya dalam kehidupan organisme tersebut.

Kompetensi Dasar : Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan

1. Bagian tubuh yang berfungsi sebagai organ pernapasan pada hewan adalah…

a. Paru-paru

b. Hati

c. Usus

d. Otot

Kunci jawaban: a. Paru-paru

Pembahasan: Paru-paru adalah organ pernapasan pada hewan yang bertanggung jawab untuk pertukaran oksigen dan karbon dioksida antara darah dan udara.

 

2. Struktur yang bertanggung jawab untuk fotosintesis pada tumbuhan disebut…

a. Akar

b. Batang

c. Daun

d. Bunga

Kunci jawaban: c. Daun

Pembahasan: Daun pada tumbuhan adalah struktur tempat terjadinya fotosintesis, di mana daun menggunakan energi matahari untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi glukosa dan oksigen.

 

3. Organ pada hewan yang berfungsi untuk mengatur suhu tubuh disebut…

a. Paru-paru

b. Ginjal

c. Kulit

d. Jantung

Kunci jawaban: c. Kulit

Pembahasan: Kulit pada hewan memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah mengatur suhu tubuh dengan cara mengeluarkan keringat saat tubuh panas dan merapatkan pori-pori kulit saat tubuh dingin.

 

4. Bagian tubuh hewan yang terutama berfungsi untuk gerakan adalah…

a. Kaki

b. Mulut

c. Mata

d. Telinga

Kunci jawaban: a. Kaki

Pembahasan: Kaki adalah bagian tubuh hewan yang utama untuk gerakan, digunakan untuk berjalan, berlari, melompat, dan melakukan aktivitas fisik lainnya.

 

5. Struktur pada tumbuhan yang bertanggung jawab untuk menyerap air dan mineral dari tanah adalah…

a. Akar

b. Batang

c. Daun

d. Bunga

Kunci jawaban: a. Akar

Pembahasan: Akar pada tumbuhan bertanggung jawab untuk menyerap air dan mineral dari tanah, serta berfungsi untuk menjaga kestabilan tumbuhan di dalam tanah.

Lihat materi lainnya DISINI

MATERI

Latihan Soal Asesmen Madrasah IPA Materi “Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan” membahas tentang bagaimana struktur atau bentuk tertentu dari bagian tubuh hewan dan tumbuhan berkaitan erat dengan fungsi atau peran yang dimilikinya dalam kehidupan organisme tersebut. Berikut adalah beberapa aspek yang bisa menjadi fokus dalam analisis hubungan antara bentuk dan fungsi:

  1. Adaptasi Lingkungan: Bagaimana bentuk-bentuk tertentu dari bagian tubuh memungkinkan organisme beradaptasi dengan lingkungannya. Contohnya, pada hewan di padang gurun, bentuk telinga yang besar dan pipih pada beberapa spesies hewan dapat membantu dalam menangkap getaran suara yang berasal dari jarak jauh.
  2. Gerakan: Bagaimana struktur-struktur tertentu dari tubuh hewan memungkinkan gerakan. Misalnya, bentuk dan jenis sendi pada tulang dan otot memberikan fleksibilitas dan kekuatan yang dibutuhkan untuk berbagai jenis gerakan.
  3. Pencernaan dan Penyerapan Nutrisi: Bagaimana struktur organ-organ pencernaan pada hewan dan tumbuhan mengkhususkan diri untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi dari lingkungan. Contohnya, pada tumbuhan, bentuk daun yang luas dan memiliki permukaan yang banyak membantu dalam penyerapan cahaya matahari yang diperlukan untuk fotosintesis.
  4. Peredaran Darah dan Pernafasan: Bagaimana sistem peredaran darah dan pernapasan pada hewan berkaitan dengan bentuk dan struktur organ-organ terkait. Misalnya, pada hewan vertebrata, bentuk jantung dan pembuluh darahnya sangat penting untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.
  5. Reproduksi: Bagaimana organ-organ reproduksi pada hewan dan tumbuhan berkaitan dengan bentuk dan fungsi dalam mempertahankan kelangsungan hidup spesies. Misalnya, struktur bunga pada tumbuhan berperan penting dalam penyerbukan dan pembuahan.
  6. Perlindungan dan Pertahanan: Bagaimana bagian-bagian tubuh tertentu pada hewan dan tumbuhan beradaptasi untuk melindungi diri dari ancaman dan bahaya lingkungan. Misalnya, kulit yang tebal pada beberapa spesies hewan berfungsi sebagai lapisan pelindung dari serangan predator dan kondisi lingkungan yang keras.

Dengan menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan, kita dapat memahami lebih dalam tentang bagaimana organisme tersebut berinteraksi dengan lingkungannya dan bertahan hidup dalam berbagai kondisi yang berbeda.

Kunjungi laman LITERASI ANAK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *